Kamis, 05 Februari 2015

Contoh Resensi Buku Pengetahuan Umum

Contoh Resensi Buku Pengetahuan Umum


Menanam Tanaman Palawija Dengan Benar
1. Identitas Buku
·         Judul Buku      : Bercocok Tanam Palawija
·         Jenis Buku       : Nonfiksi
·         Penulis             : Ir. Pracaya
·         Penerbit           : Media Wiyata, Semarang
·         Tahun Terbit    : 1990
·         Tebal               : vi + 56 halaman
2. Ringkasan
            Buku “Bercocok Tanam Palawija” ini berisi 5 bab. Buku ini menjelaskan tentang cara menanam tanaman palawija, mulai dari pembibitan yang benar, mengolah tanah yang akan ditanami, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit, pengairan, waktu panen, hingga perlakuan pascapanen. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, tanaman palawija sendiri adalah tanam-tanaman yang biasa ditanam di sawah atau ladang selain padi. Macam-macam tanaman palawija antara lain jagung, kacang tanah, ubi jalar, ubi kayu atau singkong, dan kedelai. Buku ini juga menjelaskan tentang tempat yang cocok untuk menanam tanaman palawija, mulai dari iklim hingga tanahnya. Dalam buku ini juga terdapat Pancausaha tani yaitu: 1. Bibit unggul; 2. Pengolahan tanah secara sempurna; 3. Pengairan yang baik; 4. Pemeliharaan (penyiangan, pemupukan, dan sebagainya); 5. Pengendalian hama penyakit secara terpadu.
3. Keunggulan
            Buku ini menjelaskan secara detil jenis-jenis tanaman palawija, syarat hidupnya, memilih bibit yang baik, kapan waktu tanam, pemeliharaan yang betul, waktu yang tepat untuk memanen, dan perlakuan hasil setelah panen. Dalam buku ini juga terdapat banyak gambar yang menarik dan membantu pembaca.
4. Kelemahan
            Kelemahan buku ini yaitu kata-katanya ada yang sulit untuk dipahami. Kertas yang digunakan pun tidak bagus dan gambarnya tidak berwarna. Cover bukunya juga kurang menarik.
5. Saran
             Saran saya terhadap buku ini yaitu kata-kata yang kira-kira kurang dipahami diperjelas, kertas yang digunakan dipilih yang lebih bagus dan gambarnya diberi warna. Covernya dibuat lebih menarik lagi agar pembaca lebih tertarik.
6. Manfaat
            Buku ini sangat bermanfaat untuk orang-orang yang ingin menekuni usaha bercocok tanam tanaman palawija. Buku ini juga bermanfaat bagi para petani yang sering gagal panen atau produk yang dihasilkan kurang maksimal.
7. Kesimpulan
            Dari buku ini kita dapat menyimpulkan bahwa bercocok tanam tanaman palawija itu susah-susah gampang. Ternyata merawat tanaman palawija butuh ketekunan dan pengetahuan yang tinggi. Macam tanamannya pun banyak dan setiap macamnya juga masih banyak jenisnya. Dari Pancausaha Tani sendiri kita dapat menyimpulkan bahwa menanam tanaman palawija harus memilih bibit yang unggul, pengolahan tanah secara sempurna, pengairan yang baik,  pemeliharaan yang baik, dan pengendalian hama penyakit secara terpadu.

1 komentar:

  1. wallpapernya kurang cerah,tapi gapapa aku lagi butuh banget makasih min

    BalasHapus